info@papuachannel.com +62-951-3171-189
Rabu, 07 Desember 2022
TIM BIRO OTSUS LAKUKAN EVALUASI DAN PEMETAAN DANA OTSUS
September 14, 2018 // Author: // Category: Berita / Ekonomi / Pemerintahan // 0
Share:

JAYAPURA, PAPUA CHANNEL – Kampung Kriko, Kerom, Papua merupakan salah satu kampung yang belum terjamah jaringan listrik. Hal ini dikarenakan jarak yang ditempuh dari kampung ini ke pos satgas pamtas RI-PNG Yonif Para Raider 501 Kostrad sekitar 7 kilometer melalui jalur darat.

Para anggota satgas Yonif Para Raider 501 Kostrad mempunyai inisiatif membuat PLTA dengan mengunakan kincir air dengan mengunakan aki generator sanio serta inverter. Satu alat kincir air ini dapat menghasilkan daya listrik sebesar 1000 watt.

Hal ini dilakukan karena potensi sungai yang ada di kampung tersebut cukup bagus. Dengan adanya pembangunan PLTA ini, sebanyak 24 kepala keluarga bisa memanfaatkan listrik.

Ide awal pembuatan PLTA ini bermula dari hasil pengamatan tim satgas yang datang bertugas di Papua untuk memeriksa sejumlah kampung binaan dan melihat kampung ini sudah lama tidak memiliki jaringan listrik.

Letkol INF Eko Antoni Chandra (Dansatgas Yonif 501 Kostrad) sangat senang dengan dibangunnya PLTA oleh aparat tni. Sebelumnya warga kampung ini hanya menggunakan pelita sebagai penerangan di dalam rumah.

Share