info@papuachannel.com +62-951-3171-189
Senin, 05 Desember 2022
OLAH 2 TON SAMPAH SETIAP HARI, BANK SAMPAH MINTA MASYARAKAT RUBAH POLA HIDUP
June 13, 2018 // Author: // Category: Berita // 0
Share:

Yayasan Bank Sampah Sorong Raya memiliki tempat penampungan dan pengolahan sampah yang terletak di Jl. Makbon, KM-12 masuk, Kota Sorong, Papua Barat. Tempat ini beroperasi setiap hari dengan jumlah personil yang bekerja sebanyak 27 orang.

Sampah yang dikumpulkan rata-rata berjumlah 2 ton setiap hari. Sampah-sampah ini didapatkan dari personil Bank Sampah yang turun langsung ke masyarakat. Selain itu, sampah dikumpulkan lewat pemulung dan juga petugas kebersihan dari berbagai perusahaan, bahkan dari kapal-kapal yang menjalin kemitraan dengan bank sampah.

Sebelum diolah, sampah-sampah terlebih dahulu dipisahkan sesuai jenisnya, yakni sampah plastic, sampah kertas, dan sampah kaleng. Hasil pemisahan selanjutnya dikemas menjadi ukuran lebih kecil dan dikirim ke Surabaya. Proses pengiriman dilakukan lewat kapal dengan menggunakan container.

Dengan hadirnya Yayasan Bank Sampah Sorong Raya, masyarakat diharapkan untuk menekan produksi sampah dengan cara menggunakan barang-barang yang dapat digunakan lebih dari satu kali.

Share