info@papuachannel.com +62-951-3171-189
Senin, 05 Desember 2022
INI ALASAN PANGLIMA BANGUN MARKAS DI SORONG
June 13, 2018 // Author: // Category: Berita // 0
Share:

Pembentukan dan pembangunan markas satuan TNI saat ini difokuskan Di Wilayah Indonesia Timur, karena di wilayah ini sama sekali belum ada satuan-satuan tempur. Pembentukan dan pembangunan markas satuan TNI juga merupakan program 100 hari Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahyanto.

Pernyataan tersebut disampaikan Panglima saat melakukan peresmian 4 markas satuan TNI, yakni Satuan Divisi Infantri-3 Kostrad yang bermarkas di Kabupaten Goa, Sulawesi Selatan, Satuan Komando Armada-3 dan Pasukan Marinir-3 TNI Angkatan Laut yang bermarkas di Sorong, Papua Barat, serta Satuan Komando Operasi Angkatan Udara KOOPSAU-3 yang bermarkas di Biak, Provinsi Papua.

Empat markas satuan baru ini diresmikan secara bersamaan oleh Panglima TNI dalam sebuah upacara yang dilangsungkan di halaman Pangkalan Utama Angkatan Laut-14, Kota Sorong, Papua Barat, pada Jumat 11 Mei 2018. Panglima TNI juga mengungkapkan, saat ini di wilayah Sorong sudah dibangun 2 markas TNI, yakni Markas Satuan Komando Armada-3 dan Pasukan Marinir-3 Tni Angkatan Laut.

Hal ini dilakukan, karena kawasan Sorong merupakan Pusat Tol Laut, yang menghubungkan pelabuhan laut seluruh nusantara. Oleh karena itu, pembentukan satuan dan pembangunan Markas TNI yang baru, merupakan bagian dari upaya untuk menjaga stabilitas keamanan dan ketertiban wilayah perbatasan, di Kawasan Indonesia Timur.

Share