Friday, 19 April 2024

PERUBAHAN NAMA DAN PERESMIAN MARKAS KESATUAN TNI

-

https://youtu.be/79Gvg7s5LfU

Panglima TNI, Marsekal Hadi Tjahjanto, meresmikan 4 Markas Satuan Baru yakni divisi INFANTRI-3, KOSTRAD yang bermarkas di Kabupaten GOA, Sulawesi Selatan, Komando Armada Tiga dan Pasmar 3 Korps Marinir TNI Angkatan Laut Bermarkas di Kabupaten Sorong Papua Barat, Komando Operasi Angkatan Udara atau KOOPSAU III bermarkas di Biak Provinsi Papua. Empat satuan baru ini diresmikan secara bersamaan oleh Panglima TNI. Acara peresmian ditandai dengan upacara di halaman Pangkalan Utama Angkatan Laut atau LANTAMAL-14, Sorong Papua Barat.

Selain itu, Panglima TNI juga meresmikan perubahan nama satuan TNI yaitu Komando Armada Republik Indonesia Wilayah Barat atau KOARMABAR menjadi KOARMADA-1 dan Komando Armada Republik Indonesia Wilayah Timur atau KOARMATIM menjadi KOARMADA-2.
Pembentukan dan perubahan nama satuan TNI Ditetapkan Berdasarkan Keputusan Presiden Republik Indonesia, Nomor 12, Tahun 2018 pada tanggal 8 mei 2018 tentang Pembentukan Devisi Infantri III Komando Cadangan Strategis TNI Angkatan Darat, Komando Armada III TNI Angkatan Udara III, Dan Pasukan Marinir III.

Peresmian dan perubahan nama kesatuan sejalan dengan kebijakan dalam rangka mewujudkan konsep tri matra terpadu TNI dengan gelar wilayah satuan di Wilayah Indonesia Timur. Dan merupakan komitmen yang diwujudkan Panglima TNI dengan mencanangkan program 100 hari Panglima TNI.
Turut hadir dalam upacara ini Kepala Lembaga dan Kementrian, pejabat POLRI, Gubernur Maluku, Gubernur Papua Barat, Tokoh Agama, Tokoh Adat Serta Kasad Jendral TNI Mulyono, Kasal Laksamana TNI Ade Supandi dan Kasau Marsekal TNI Yuyu Sutisna.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Artikel Terbaru