info@papuachannel.com +62-951-3171-189
Minggu, 04 Desember 2022
MASYARAKAT BINTUNI SIAP NIKMATI JARINGAN INTERNET KECEPATAN TINGGI
June 12, 2018 // Author: // Category: Berita // 0
Share:

Pemasangan jaringan tulang punggung serat optik bawah laut, dalam proyek Palapa Ring Timur telah resmi dimulai, dan ditargetkan akan selesai dibangun pada akhir tahun ini.

Palapa Timur Telematika, merupakan program yang menghubungkan seluruh kota, dengan kabel optic, terutama untuk daerah yang saat ini belum dijamah dengan internet berkecepatan tinggi. Program ini dilaksanakan oleh Kementrian Telekomunikasi Dan Informatika.

Pemasangan proyek Palapa Ring Timur terbagi di dua area, yakni area darat dan area laut. Saat ini telah dilakukan pemasangan jaringan tulang punggung serat optik bawah laut yang menghubungkan Tangguh dan Bintuni sepanjang 97.434 Km, serta Tangguh dan Kota Teminabuan sepanjang 246.752 Km.

Di sisi lain, proses pengerjaan jaringan serat optik darat yang menghubungkan manokwari Dan Ransiki sepanjang 121.20 Km, serta Ransiki-Bintuni sepanjang 163.59Km, sudah hampir selesai dikerjakan.
Pemasangan kabel serat optik laut menggunakan kapal Jepang, Berjenis Nostag 10, yang memakai bendera Indonesia. Proses pengerjaan ditargetkan selesai pada November 2018. Setelah itu internet kecepatan tinggi bisa dinikmati masyarakat.

Peresmian proyek pemasangan kabel optik laut untuk wilayah Bintuni, dihadiri oleh pejabat Kementrian Telekomunikasi Dan Informatika, Ssrta Pemda Teluk Bintuni yang diwakili oleh Pelaksana Tugas SEKDA, Gustaf Manuputy, dan Kepala BAPEDA Alimudin. Acara Peresmian berlangsung di Aula Dinas Perhubungan, Jeti Kampung Lama Bintuni, pada jumat 11 Mei 2018.

Usai peresmian, dilakukan peninjauan ke lokasi-lokasi pemasangan jaringan tulang punggung bawah laut, yang saat ini sedang dikerjakan.

Share